Mengenali Jenis Jerawat & Perawatan Yang Cocok

Salam jumpa lagi MICA Squad!, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tipe-tipe jerawat dan cara yang tepat menanganinya.

Pasti banyak dari kalian yang frustasi dengan yang namanya tamu tak di undang ini. Jerawat bisa keluar setiap saat kadang mudah hilang, kadang beranak pinak membuat wajah yang tadinya mulus menjadi kusam dan tidak menarik dipandang.

Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor anatara lain hormon tubuh, produksi minyak berlebih, inflamasi akibat bakteri dan jamur.

Berikut adalah jenis-jenis jerawat dan gambarnya 

1. Acne Vulgaris

Ini adalah jenis jerawat biasa terlihat dalam bentuk whitehead, blackhead dan bruntusan. Jenis jerawat ini mudah ditangani dengan menggunakan cream acne dan pembersihan wajah yang rutin untuk mencegah produksi minyak berlebih.

2. Komedo

Adalah campuran minyak berlebih yang tersumbat dilapisan epidermis kulit, kalau tidak ditangani dan dibiarkan komedo akan menyebabkan inflamasi. Cara mudah untuk mengangkat komedo adalah secara rutin menggunakan masker yang dapat menyerap komedo keluar tanpa memperbesar pori-pori.

3. Blackhead 

Adalah kombinasi komedo dan sel kulit mati yang telah mengeras dan timbul sebagai bintik-bintik hitam dipermukaan kulit. Penanganan blackhead sama dengan komedo.

4. Whitehead

Sama seperti bleackhead komedo dalam pori-pori kulit yang tidak bisa keluar membentuk sel mati dan mengeras di permukaan kulit, warnanya putih dan kalau dipencet akan keluar nanahnya. Treatment whitehead sama dengan blackhead dan komedo pada umumnya.

5. Acne Papules

Jika whitehead dibiarkan dan menjadi inflamasi dia akan membentuk bintik-bintik merah di kulit. Jenis jerawat ini sensitif apabila dipegang, kalau dipencet akan menyebabkan peradangan dan luka pada kulit. Produk OTC seperti Spot Treatment dapat dioleskan di jarawat seperti ini dan akan mengempiskan dalam waktu satu atau dua hari.

6. Acne Pustules

Yang dikenal sebagai jerawat bernanah adalah mirip dengan whitehead namun sudah diisi dengan bakteri didalamnya yang disebabkan oleh inflasmasi kulit. Jenis jerawat ini produk yang mengandung sulfur sepert Zit Zaper ampuh mengurangi inflamasi dan membunuh bakteri.

7. Acne Nodules

Dikenal sebagai jerawat yang tidak ada matanya menyerupai pembengkakan dan sakit kalau dipegang, untuk yang satu ini disarankan mengunjungi Dermatologis supaya tidak menyebar, apabila dipencet menyebabkan luka di kulit.

8. Acne Mechanica

Jenis jerawat yang ditemukan saat menggunakan masker ini disebabkan oleh panas, gesekan dan tekanan pada kulit. kita sudah bahas di artikel (Acne Free Selama Pakai Masker).

9. Cystic Acne

Ini adalah jenis jerawat paling serius yang terbentuk saat kista kecil terbentuk dibawah kulit wajah, ini terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak berlebih dan sel kulit mati yang terjebak didalam pori-pori ini sering terjadi pada kulit berminyak. biasanya bentuk Cystic Acne seperti bisul merah di kulit yang sakit jika di sentuh, kunjungan dermatologis diperlukan untuk pemulihan kulit. Pencegahan biasakan gunakan skin care yang ditujukan untuk  mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, merestore kembali dan juga kandungan Salicylic Acid yang mengurangi inflamasi.

In summary penting bagi kita menjaga kebersihan kulit dengan pemakaian skin care, perawatan kulit yang rutin dan cocok untuk jenis kulit kita. juga penting untuk memperhatikan apa yang kita makan, sebab ada jenis-jenis makanan yang akan triger fungsi autoimune yang menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih. Juga selalau menjaga stress level dan lebih peka terhadap perubahan cuaca. 

 

Artikel ini dikutip dari webmd.com dan healthline.com

Leave a comment

All comments are moderated before being published